Sabtu, 22 Juni 2013

PEMAHAMAN YANG MUDAH TERHADAP MJO (MADDEN-JULIAN OSCILLATION

MJO (Madden Julian Oscillation) adalah fluktuasi musiman atau gelombang atmosfer yang terjadi di kawasan tropik, MJO berkaitan dengan variabel cuaca penting di permukaan ataupun di lautan pada lapisan atas dan bawah. MJO mempunyai siklus sekitar 30-60 hari, periode rata-ratanya 45 hari. MJO terjadi di daerah tropis dan mempunyai pengaruh terhadap daerah lintang tengah dan mempunyai amplitudo yang besar. MJO dapat membantu dalam memprakirakan cuaca 2-3 minggu ke depan.

Secara gamblang MJO dapat didefinisikan dengan istilah penambahan gugusan uap air yang menyuplai dalam pembentukan awan hujan. MJO terkait erat dengan OLR (Outgoing Longwave Radiation). OLR adalah energi yang meninggalkan bumi sebagai radiasi inframerah pada energi yang rendah. OLR dipengaruhi oleh awan dan debu di atmosfer yang cenderung mengurangi kecerahan langit.

MJO  menghasilkan fluktuasi intra-musiman. Hal tersebut berpengaruh pada variasi cuaca di daerah tropis. Biasanya daerah yang dilewati MJO akan sering terjadi hujan lebat.

Intensitas dan keberadaan MJO biasanya dinyatakan dengan indeks RMM (Real-Time Multivariate MJO Index). MJO berkembang dan bergerak ke timur di dalam 8 fase, sesuai dengan lokasi geografi fase MJO.
  • Fase 1 di atas benua Afrika (210° BB- 60° BT)
  • Fase 2 di samudera Hindia bagian Barat (60° BT - 80° BT)
  • Fase 3 di samudera Hindia bagian Timur (80° BT - 100° BT)
  • Fase 4 di Indonesia bagian Barat (100° BT - 120° BT)
  • Fase 5 di Indonesia bagian Timur (120° BT - 140° BT)
  • Fase 6 di kawasan Pasifik Barat (140° BT - 160° BT)
  • Fase 7 di kawasan Pasifik Timur (160° BT - 180° BT)
  • Fase 8 daerah konveksi di belahan Pasifik Timur (180° BB - 160° BB).


Kondisi MJO terakhir dan prediksi ke depan pada link berikut sedangkan fase MJO terakhir dapat dipantau melalui link ini

Sumber :
http://www.bom.gov.au/climate/mjo/
http://www.cpc.ncep.noaa.gov/products/precip/CWlink/MJO/mjo.shtml
http://phenomenaalam.blogspot.com/2010/12/mjo-madden-julianoscillation.html

Tidak ada komentar: