Selasa, 07 Mei 2013

KLIMOGRAM

Klimogram adalah grafik yang menunjukkan interaksi (perpotongan) antara dua buah unsur iklim rata-rata bulanan dalam suatu siklus (setahun). Klimogram dibuat berdasarkan kombinasi dua data unsur cuaca rata-rata bulanan. 


Klimogram  dapat dikatakan sebagai bentuk klasik dari representasi iklim suatu wilayah dengan cara yang sederhana atau perbandingan variasi iklim pada dua daerah atau lebih. Klimogram dapat pula berguna untuk mengevaluasi introduksi, perkembangan dan adaptasi serta kemungkinan penyebaran suatu makhluk hidup pada daerah yang diteliti.

Klimogram diplot konstruksinya dengan sumbu X salah satu variabel iklim (suhu, curah hujan, kelembapan dan lain-lain) dan sumbu Y adalah rata-rata dari variabel yang lain. Digabungkan dalam 12 titik membuat suatu poligon daerah.

Klimogram dapat dibuat dengan cara penggambarannya yaitu dengan memplotkan satu atau dua unsur iklim dengan sistem salib sumbu. Unsur iklim tunggal dapat berupa suhu, curah hujan, kelembapan, dan lain-lain dapat   digambarkan dalam bentuk grafik atau histogram.

Klimogram yang menunjukkan grafik rata-rata bulanan atau harian pada setiap bulan dapat dilakukan dengan sumbu X menunjukkan bulan dan sumbu Y menyatakan besarnya unsur iklim yang dibuat berupa data rata-rata bulanan atau harian. Bila dua unsur iklim yang dikaji klimogram yang dinyatakan dengan grafik ini merupakan hubungan antara unsur iklim yang satu dengan yang lain, dimana unsur iklim yang satu dinyatakan dengan sumbu X dan unsur iklim lain dalam sumbu Y. Unsur iklim yang dapat digunakan untuk menggambarkan klimogram suatu tempat adalah suhu dan curah hujan. Hubungan kedua unsur iklim ini dapat dinyatakan dalam bentuk persamaan.


Klimogram juga dibuat untuk menguji apakah suatu daerah sesuai untuk pengembangan suatu tanaman dengan bahan kultivar dan pengelolaan yang sama dengan daerah-daerah yang merupakan sentra/pusat produksi daerah tanaman tersebut. Kondisi unsur-unsur iklim suatu daerah yang merupakan sentra produksi dalam jangka waktu yang panjang mengindikasikan bahwa daerah tersebut secara iklim cocok untuk pertanaman tersebut. Dengan kata lain kondisi iklim berada pada titik optimum sehingga menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Tahapan dalam pembuatan klimogram untuk pengembangan tanaman tertentu adalah sebagai berikut:
  1. Tentukan tanaman pertanian atau perkebunan yang akan dicari kesesuaian iklimnya.
  2. Carilah 3 atau lebih daerah yang telah menjadi sentra produksi tanaman tersebut.
  3. Tentukan unsur iklim yang paling berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas produksi tanaman tersebut. Seandainya lebih dari 2 unsur, maka dibuat daftar grafik klimogram dari berbagai variasi hubungan yang ada.
  4. Lakukan inventarisasi data iklim harian, terutama unsur-unsur iklim yang paling berpengaruh selama minimal 10 tahun. Kemudian buat rata-rata bulanan (Januari sampai Desember) dari setiap unsur tersebut.
  5. Kemudian plotkan dalam bentuk grafik garis yang saling berhubungan dari bulan januari sampai bulan desember.
  6. Lakukan overlay antara grafik klimogram daerah sentra produksi dengan grafik daerah yang diuji.
  7. Dari hasil overlay tersebut dapat dilihat bahwa jika antara grafik klimogram sentra produksi dengan grafik daerah yang diuji berhimpit maka daerah yang diuji tersebut secara iklim cocok dikembangkan untuk budidaya tanaman tersebut.
Gambar 1. Contoh langkah-langkah membuat klimogram

Aplikasi klimogram dapat pula digunakan dengan aplikasi yang otomatis yang dapat didownload di sini .
Berikut ini adalah contoh dari tampilan aplikasi Climogram 1.0 :


 

Gambar 2 dan 3. Contoh tampilan aplikasi Climogram 1.0

Berikut adalah contoh penggunaan aplikasi untuk menentukan klimogram curah hujan dan suhu udara rata-rata di Banjarbaru :



Gambar 4. Klimogram curah hujan dan suhu udara rata-rata Banjarbaru dengan aplikasi Climogram 1.0


Gambar 5. Klimogram kelembapan udara dan suhu udara Banjarbaru dengan cara manual

6 komentar:

Anonim mengatakan...

postingan ini amat bagus sekali. bisa menanmbah wacana dan pengetahuan. sangat membantu dan bermanfaat. kutunggu postingan lainnya

jual bibit durian montong mengatakan...

kami tunggu kabar lanjutannya, untuk info lanjutan bisa dilihat dimana ya?

jual cover motor mengatakan...

trimakasih atas artikelnya yang bagus dan lengkap sekali, semoga bermanfaat bagi banyak orang ya, aaamiin

grosir tempat sepatu mengatakan...

makasih mas admin, saya senang skali bisa baca postingannya yang lengkap ini :)

gantungan jilbab murah mengatakan...

saya merasa ada banyak ide yang berkeliaran setelah membaca tulisan ini, inspiratif

jual bibit durian mengatakan...

luar biasa sekali mas blogger, saya tunggu bacaan dan tulisan berikutnya....