Selasa, 29 Mei 2012

ZONA MUSIM YANG BARU DI KALIMANTAN SELATAN

Zona musim (ZOM) adalah daerah yang pola hujan rata-ratanya memiliki perbedaan yang jelas antara musim kemarau dan musim hujan. Daerah-daerah yang pola hujan rata-ratanya tak memiliki perbedaan yang jelas antara musim kemarau dan hujan disebut Non ZOM. Luas suatu wilayah ZOM tak sama dengan luas suatu wilayah administrasi pemerintahan.


Menurut Standar Normal yang baru (1981-2010) dengan proses clustering maka Kalimantan Selatan mempunyai 10 Zona Musim (ZOM) dan 1 daerah Non ZOM. Daerah Non ZOM ini didapatkan dari sebagian daerah Zona Musim 173 dan 174 yang dulu.


Daerah Non ZOM di Kalimantan Selatan (N36) ada di dua kabupaten yaitu kabupaten Tanah Laut dan Tanah Bumbu. Di Tanah Laut terletak di Jorong, Kintap dan bagian selatan Panyipatan. Di Tanah Bumbu meliputi Satui, Angsana, Sungai Loban dan bagian barat Kusan Hulu.

Daerah Non ZOM ini dapat terjadi sebagai akibat dari pengaruh angin timur dari lautan membentuk awan orografi pada bagian timur pegunungan Meratus yang berada di tengah-tengah Kalimantan Selatan. Fenomena ini menyebabkan kawasan di pesisir pantai tenggara Kalimantan Selatan cenderung lebih banyak terjadi hujan dan lebih basah. Pengaruh interaksi laut dan atmosfer mungkin juga perlu diperhatikan  dapat dilihat daerah non ZOM tersebut ada di sekitar tenggara yang perairannya diapit oleh  pulau Kalimantan dan pulau Laut di Kotabaru.  Maka nantinya perlu pengkajian secara khusus di daerah tersebut pola curah hujannya.






Berikut adalah penjabaran wilayah Zona Musim (ZOM) di Kalimantan Selatan :




1 komentar:

Cara Mengatasi kerak Pada Saluran Dengan Starbio plus mengatakan...

cara penyampaian nya sangat bagus gan
terus lanjutkan