Senin, 19 September 2011

PEMAHAMAN AWAL TENTANG MODIS


Pentingnya MODIS
Salah satu isu penting pada zaman sekarang ini adalah perubahan iklim. Secara umum telah disepakati iklim bumi akan memodifikasi sebagai responsnya terhadap pemaksaan radiasi disebabkan oleh perubahan dalam jejak gas atmosfer, awan, jenis awan, radiasi matahari, dan aerosol troposfer (partikel cair atau padat tersuspensi di udara). Untuk mengembangkan konsep dan prediksi model iklim global, sangat penting untuk memantau hal ini.

MODIS (Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer) adalah program yang luas menggunakan sensor pada dua satelit yang masing-masing memberikan lengkap cakupan harian bumi. Data memiliki berbagai resolusi, spektral, spasial dan temporal. Satelit TERRA yang membawa sensor MODIS merupakan satelit pengamatan lingkungan yang dapat digunakan untuk mengekstraksi data permukaan yang bersifat regional. Satelit ini mempuntyai wilayah cakupan yang luas, yakni 2330 km dengan resolusi spasial 250 m (kanal 1 dan 2) dan resolusi spektral yang tinggi (36 kanal) serta resolusi temporal yang kurang lebih sama dengan satelit generasi sebelumnya yakni NOAA.

Sejarah dan mekanisme MODIS

Sensor MODIS pertama diluncurkan pada satelit Terra pada tanggal 18 Desember 1999 dan sensor MODIS kedua diluncurkan pada satelit Aqua pada tanggal 4 Mei 2002. Sensor MODIS melewati titik yang sama di bumi sekitar dua kali per hari baik sebagai satelit Terra dan Aqua mengorbit bumi pada arah yang berlawanan, dengan Terra melintasi khatulistiwa dari utara ke selatan di pagi hari dan Aqua melintasi khatulistiwa dari selatan ke utara di sore hari. Orbit ganda ini memungkinkan titik yang sama di bumi untuk dapat dilihat sekitar dua kali per hari, sekali selama pagi dan sore, yang memaksimalkan jumlah gambar bebas awan dikumpulkan dan di-download setiap hari. Sistem satelit ini terus menyiarkan data ganda MODIS secara real-time untuk stasiun di permukaan tanah dan semua data MODIS disediakan gratis untuk semua pengguna.

Instrumen MODIS "melihat" Bumi pada di 36 panjang gelombang yang berbeda spektrum, mulai dari cahaya tampak ke inframerah termal. Dengan resolusi lebar spektral dan petak melihat, MODIS membuat pengukuran yang berguna dalam berbagai macam disiplin ilmu sistem Bumi. Konsep animasi ini contohnya dapat menunjukkan MODIS mengukur produktivitas primer dari dedaunan hijau di darat dan fitoplankton di laut, diikuti dengan pengukuran tanah dan suhu permukaan laut. Ini adalah contoh dua dari produk data MODIS untuk mengumpulkan berbagai harian pada skala global.

Situs web MODIS, http://modis.gsfc.nasa.gov/index.php, adalah tempat yang baik untuk mulai belajar tentang pentingnya program ini. Situs ini memiliki link ke kelompok MODIS atmosfer, tanah dan lautan. Karena telah disebutkan sensor MODIS adalah dilakukan pada kedua satelit Terra dan Aqua, umumnya mungkin untuk mendapatkan gambar dalam pagi hari (Terra) dan sore hari (Aqua) untuk setiap lokasi tertentu. Malam waktu data juga tersedia dalam kisaran spektrum termal. Anda harus mempertimbangkan waktu saat memesan pemandangan untuk hari yang spesifik. Meskipun Anda dapat memesan sebuah adegan setiap hari untuk setiap tanggal tertentu dan lokasi, banyak konsolidasi produk yang telah dikembangkan dengan data MODIS. Ini termasuk 8-harian atau16-harian komposit gambar, berbagai indeks, dan berbagai produk global lainnya dalam berbagai skala waktu.

Tidak ada komentar: