Selasa, 16 Desember 2008

KALSEL SIAGA: CURAH HUJAN TINGGI HINGGA JANUARI

BANJARMASIN – Banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menjadi peringatan bagi seluruh wilayah di Kalsel. Pasalnya, berdasarkan prediksi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) seluruh daerah di Kalsel berpotensi banjir. Fenomena alam ini tak hanya disebabkan curah hujan yang tinggi hingga Januari 2009 nanti, tapi juga terjadinya pasang tinggi di daerah aliran sungai. “Pasang tinggi akan terjadi hingga 20 Desember ini, sedangkan puncak musim hujan sampai Januari 2009,” terang staf BMG Zakiah saat dihubungi wartawan kemarin (15/12). 

Sebelumnya Kasubdin Bina Organisasi Penangggulangan Bencana Dinkesos Kalsel H Jakaria mengingatkan kawasan yang menjadi langganan banjir siaga. Selain Banua Anam, banjir juga mengancam Kotabaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu serta Kabupaten Banjar. “Mengacu ramalan BMG, dalam dua minggu terakhir curah hujan cenderung meningkat di Riam Kanan dan Riam Kiwa,” ungkapnya saat dihubungi kemarin. 

Jika ramalan itu terbukti, maka di daerah Pengaron, Karang Intan dan sekitarnya (Kabupaten Banjar) berpotensi banjir karena air di Riam Kiwa dan Riam Kanan mengalami peninggian. “Ramalan BMG tersebut menjadi peringatan bagi warga sekitar untuk siaga dan waspada,” ingatnya.

Diakui Jakaria, bencana memang tak bisa diprediksi manusia, tapi tidak salahnya fenomena alam diwaspadai sedini mungkin. Dia menambahkan, Gubernur H Rudy Ariffin jauh-jauh hari sudah menerbitkan surat edaran kepada seluruh kabupaten dan kota se-Kalsel tentang antisipasi penanganan bencana musim hujan. “Satlak di daerah sudah disiagakan, termasuk perlengkapan perahu karet, dolpin dan buffer stock,” ungkapnya. 

Untuk buffer stock, dia menjamin tidak ada masalah sebab kalau toh nantinya kurang bisa meminta bantuan kepada Dinkesos Kalsel. “Jarak antara provinsi dan kabupaten paling lama ditempuh 24 jam, jadi kalau buffer stock kurang dengan cepat bisa teratasi,” katanya. 

Sementara itu, intensitas hujan yang terjadi dalam sepekan ini sejumlah kawasan di Banjarmasin tergenang, bahkan di kawasan Jalan Sotoyo dan Jafri Zamzam genangan air sampai sejengkal. Hal itu disebabkan sungai di kawasan itu meluber akibat hujan dan pasang tinggi. Pantauan koran ini halaman RS TPT Teluk Dalam tergenang hingga mata kaki, begitu pula sebagian kawasan Pelambuan dan Jafri Zamzam.(sga)
Sumber : Radar Banjarmasin, Selasa, 16 Desember 2008

6 komentar:

Belly Surya Candra Orsa mengatakan...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... : )

Atasi Septictank Penuh Tanpa Sedot mengatakan...

bagus sekali info nya yang sangat bagus , menarik
terimakasih

Cara Atasi Sumbatan Pada Wc Yang Mampet mengatakan...

bagus sekali info yang di sampaikan
oleh agan terimakasih

Starbio plus Untuk Mencegah septictank mengatakan...

terimakasih info agan sangat menambah wawsan

Cara Aman Mengatasi Septictank Penuh mengatakan...

blog nya sangat bagus info nya sangat bagus
terus di update

Cara Mengatasi Saluran Yang Tersumbat mengatakan...

banyak sekali info yang menarik di bloag ini